Jul 4, 2014

Harga Sebuah Komitmen



"Mereka yang tidak berani berkomitmen adalah mereka yang sedang berencana meninggalkanmu sewaktu-waktu"

Cinta tidak akan cukup menjadi dasar untuk dua orang membangun sebuah kebersamaan. Cinta bisa hilang ditengah perjalanan, bisa hilang dimakan usia, berubah-ubah seiring waktu, seiring suasana hati, seiring situasi. Cinta boleh menjadi pemicu untuk membangun kebersamaan, menjadi bumbu dalam perjalanan. Tapi, bukan itu dasar dan akar dari sebuah kebersamaan. Melainkan sebuah komitmen.

Allah dalam kitabnya menyebutkan bahwa ada ikatan terkuat yang disebut sebagai mitsaqan ghaliza. Dan hanya ada tiga ikatan yang disebutkan dalam kitab suci, salah satu diantaranya adalah ikatan pernikahan. Tidak dikatakan disana bahwa mitsaqan ghaliza itu dibangun pada landasan cinta, tapi lebih jauh dari itu. Komitmen. Perjanjian antara kedua belah pihak. Dimana dalam pernikahan perjanjian itu diucapkan dalam ijab-qabul. Dicatat tidak hanya oleh negara, tapi juga para malaikat dan Allah. Ikatan yang luar biasa dampaknya. Ikatan yang mengubah sesuatu yang tadinya haram dilakukan menjadi halal dan berpahala. Ikatan yang memindahkan tanggungjawab kehidupan seorang manusia. Ikatan yang menalikan persaudaraan antara dua keluarga.

Komitmen tersebut diucapkan dan dipegang teguh oleh dua orang manusia. Keduanya memiliki komitmen untuk menjalani hidup bersama-sama. Tidak sekedar karena dia mencintaiku-aku mencintainya. Akan tetapi, lebih jauh dari itu. Bahwa sebuah ikatan itu akan melahirkan kewajiban dan tanggungjawab, melahirkan banyak sekali perubahan.

Aku belajar. Bahwa cinta tidak benar-benar cukup untuk membangun sebuah ikatan. Diperlukan sebuah keteguhan hati, kemantapan hati. Bahwa harus disadari pada perjalanan nanti akan banyak sekali hal yang menghadang, banyak sekali aral yang akan melintang. Pun, juga banyak godaan yang akan memperlemah cinta itu sendiri. Sementara manusia pada dasarnya memiliki kecintaan yang selalu berubah-ubah.

Lihatlah orang-orang pada masa lampau, mungkin di masa kakek nenek kita atau bahkan orang tua kita sendiri. Pada masa ketika apa yang dinamakan kebebasan belum kebablasan seperti sekarang. Mereka bisa menjalani pernikahan dan mempertahankannya. Meski pada masa lalu banyak sekali perjodohan, menikah karena dijodohkan. Namun, mereka sadar betul. Bahwa sekali ikrar, maka itu untuk seumur hidup. Itulah komitmen. Cinta mungkin tidak ada pada awalnya, tapi komitmen mereka untuk mempertahankan kebersamaan hingga akhir hayat tidak tertandingi.

Lihatlah hari ini. Ketika banyak sekali orang berbual akan cinta. Hingga ditengah perjalanan itu, cinta itu berubah atau hilang. Tidak semenarik dan semenegangkan ketika sebelum atau awal kebersamaan. Pada akhirnya mereka mudah sekali mengatakan cerai. Sama sekali tidak terlihat adanya komitmen. Melandasi sebuah kebersamaan dengan perasaan itu sangat rentan.

Orang seringkali melupakan komitmennya. Menganggapnya sebagai sesuatu yang usang atau terlalu melangit untuk dibicarakan. Padahal itulah inti dari ikatan-ikatan di dunia ini. Bahkan ikatan kita kepada agama yang masing-masing kita yakini juga sebuah komitmen. Kita memegang teguh dan mengimani, menanggung resiko ketika kita mengimaninya.

Dalam sebuah kebersamaan, komitmenlah yang akan menjaga keduanya tetap bersama. Bila hilang salah satu, maka lepaslah ikatan itu. Hubungan kebersamaan tidak akan berjalan baik apabila hanya diperjuangkan oleh salah satu pihak, tapi harus keduanya. Komitmen mengajarkan bahwa membangun sebuah kebersamaan akan selalu ada cobaan. Bila cinta itu hilang atau berganti, bila hal-hal lain diluar itu menggoyahkan kebersamaan. Komitmen mengingatkan kita bahwa apa yang kita jalani tidak hanya soal perasaan cinta, lebih jauh dari itu. Akan tetapi soal keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Aku Rindu